16 Tempat wisata di Jogja

Wisata Jogja - Yogyakarta atau sering disebut dengan Jogja adalah salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang tak sedikit dikunjungi wisatawan dalam maupun asing. Berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah tahap selatan, Yogyakarta memiliki tak sedikit tempat wisata luar biasa. Sejumlah tempat wisata di Jogja merupakan destinasi favorit yang ada dalam daftar tempat wisata di Indonesia, populer di kalangan domestik sampai para turis mancanegara. Jogja merupakan daerah wisata dengan pelbagai keunikan dan kekayaan adat yang mempesona. Tidak hanya itu, wilayah yang dipimpin oleh seorang sultan tersebut juga mempunyai keindahan alam yang memikat dan kenasiban masyarakat lokal yang unik.

Tempat wisata di Jogja yang biasa direkomendasikan orang-orang biasanya tidak jauh-jauh dari Malioboro, Keraton, serta kurang lebihnya. Kemudain apabila Kamu ditanya seputar wisata yang terkenal di Yogyakarta maka jawabannya tentu Candi Borobudur serta Prambanan, Pantai Parangtritis, Malioboro, Keraton Yogyakarta serta yang terkenal lannya. Sebagai Kota Pariwisata, pesona keistimewaan Jogja terbukti berpusat di titk-titik yang rutin ramai pengunjung itu.

Para petualang serta pengelana sejati, disuguhi sesuatu yang telah mainstream cenderung bakal membosankan. Lagipula, tidak sedikit sekali tempat-tempat hebat di Jogja yang tetap tersembunyi, tidak terkenal, tetapi memperkenalkan pesona yang tidak kalah hebat dibanding tempat-tempat wisata yang telah terkenal. Disini kita bakal menguak surga-surga tersembunyi di Jogja supaya cerita liburan Kamu lebih berkesan serta mempunyai kebaruan diantara cerita teman yang lain.

16 Tempat wisata di Jogja

Berikut daftar tempat wisata di Jogja lengkap dengan lokasinya;

 

1. Taman Pintar Yogyakarta

taman pintar yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta, Foto via Eduzia.com
Berada di pusat kota Jogja, Taman Pintar Yogyakarta merupakan suatu   laboratorium dengan kemasan rekreasi yang sangat berguna bagi para pelajar. Inilah tempat di mana para siswa bisa dengan cara leluasa serta leluasa mempelajari pelajaran sains di sekolah melewati pengawasan langsung. Sebagai wahana rekreasi serta belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum tak terkecuali bagi rombongan pelajar.

Terdapat beberapa fasilitas penunjang, diantaranya merupakan food court, ruang audiovisual, area bermain, serta ruang pertemuan. Lokasinya Taman Pintar Yogyakarta; Jalan Senopati Nomor 1 dan 3, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

2. Jalan Malioboro Jogja

wisata malioboro jogja
Malioboro Jogja, Foto via Wikipedia.com
Malioboro adalah nama suatu  jalan di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini benar-benar populer serta telah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang harus dikunjungi, bahkan untuk bergambar di penanda Jalan Malioboro saja kami tidak jarang kali harus mengantri terlebih dahulu. Nama Jalan Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta serta memiliki pengertian karangan bunga.
Jalan Malioboro juga merupakan tempat wisata belanja serta wisata kuliner yang tidak ada habisnya. Pada siang hari, di sepanjang Jalan Malioboro kamu bakal menemukan tidak sedikit sekali penjual pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesoris, serta barang-barang unik lainnya yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Sedangkan pada malam hari, kamu bakal menemukan tidak sedikit sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro.

3. Goa Jomblang Jogja

wisata goa jomblang jogja
Goa Jomblang Jogja, Foto via telusurindonesia.com
Goa yang terletak di Desa Jetis Wetan, Kecataman Semanu, Kabupaten Gunung Kidul ini mempunyai pesona wisata goa yang disebut sebagai “Cahaya Surgawi”. Apabila Kamu menyusuri sampai ke dasar goa, Kamu bakal menemukan suatu  lorong alamiah yang adalah penghubung antara Goa Jomblang serta Goa Grubug. Kamu bisa menyaksikan pemandangan stalagmit hijau kecokelatan serta sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa, merilis suatu  pemandangan wisata goa nan memukau yang menerangi stalaktit serta stalagmit jadi lantai gua begitu indah, serta sebagian orang menyebutnya sebagai Cahaya Surgawi. Lokasi Goa Jomblang di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Candi Prambanan Jogja

wisata candi prambanan jogja
Candi Prambanan Jogja, foto via rentalmobildiyogya.com
Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang harus dikunjungi sebab Candi Prambanan adalah rumit candi Hindu yang paling besar di Indonesia. Tidak hanya itu, Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi serta menceritakan kisah Ramayana serta Krishnayana. Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari psuat kota Yogyakarta. Jika kamu tak mengangkat kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan kamu lumayan memakai bus serta turun di halte Prambanan, sangat mudah mencapai Candi Prambanan.

5. Goa Selarong Jogja

wisata goa selarong jogja
Goa Selarong Jogja, Foto via initempatwisata.com
Tempat wisata Jogja yang satu ini dikenal pula sebagai tempat wisata religius di Jogja. Tak sedikit pengunjung datang ke Goa Selarong untuk meperbuat meditasi serta aneka ritual lainnya. Goa Selarong merupakan tempat di mana perjuangan Pangeran Diponegoro berpusat, yang menjadi markas gerilya dalam peperangan melawan penjajahan Belanda. Bagi sebagian kalangan, goa ini dianggap mempunyai kualitas gaib serta mengandung misteri.

Untuk bisa menikmati wisata di Goa Selarong, Kamu bisa bayar tiket masuk sebesar Rp 2 ribu per orang. Apabila mengangkat kendaraan, maka Kamu juga wajib bayar anggaran parkir. Fasilitas publik yang terdapat di tempat wisata Goa Selarong di antaranya merupakan toilet umum, tempat ibadah, sarana bermain, gardu pandang, pendopo untuk beristirahat, serta bahkan bisa dijadikan sebagai bumi perkemahan apabila Kamu suka. Lokasinya beradi di Guwosari, Pajangan, Bantul, Jogja, Indonesia.

6. Pantai Parangtritis Jogja

foto wisata parangtritis di jogja
Pantai Parangtritis Jogja, foto via indonesiaexplorer.net
Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling populer di Yogyakarta, jadi Pantai Parangtritis pantas disebut sebagai salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang harus dikunjungi. Berlokasi kurang lebih 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis merupakan pantai yang berada di tepi Samudra Hindia jadi memiliki karakteristik ombak serta arus yang lumayan besar serta kuat. Keunikan dari Pantai Parangtritis merupakan adanya bukit pasir yang disebut gumuk di kurang lebih pantai. Jika kamu ingin sebuahpengalaman yang tak sama, kamu bisa mencoba bermain paralayang di Bukitnya.

7. Kotagede Jogja

wisata kotagede di jogja
Kotagede Jogja, foto via jogjakota.go.id
Kotagede adalah tempat wisata di Jogja yang cocok bagi Kamu yang ingin menikmati wisata dengan berlangsung kaki. Di daerah ini, Kamu bisa menjumpai toko-toko perak tradisional serta rumah berubin mosaik berjajar di tepi jalan, dahulu rumah-rumah ini adalah rumah para adiwangsa serta pedagang kerajaan. Kamu bisa menonton-lihat serta membeli kerajinan perak buatan tangan yang hebat dari tempat ini. Di sinilah tempat Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram baru mendirikan istananya pada tahun 1575.

Dari garis keturunannya, Panembahan Senopati adalah keturunan langsung dari penguasa Mataram kuno yang membangun Candi Borobudur serta Candi Prambanan. Kawasan Kotagede adalah pusat industri perak di Yogyakarta. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa mengunjungi suatu  tempat kuno yaitu tempat pemakaman anak buah kerajaan di Kotagede ini. Hanya saja, Kamu wajib menggunakan pakaian Jawa yang bisa disewa di pos pendaftaran karena makam raja-raja Mataram yang ada di tempat ini dianggap suci.

8. Pantai Baron Kanigoro Jogja

wisata pantai baron di jogja
Pantai Baron Jogja, foto via qodra.blogspot.co.id
Pantai yang berjarak kurang lebih 65 km dari pusat kota Jogja ini mempunyai pesona panorama yang indah serta merupakan tempat bagi Kamu yang ingin menyantap aneka hidangan laut. Pantai Baron ini sesungguhnya merupakan suatu  teluk dengan kehadiran dua buah bukit yang mengapitnya di segi kiri serta kanannya.

Daya pikat objek wisata pantai Jogja yang satu ini merupakan pada sajian kuliner laut yang lezat. Kamu bisa mencicipi lobster, ikan kakap, bawal putih, sampai tongkol. Pantai Baron merupakan juga dermaga bagi para nelayan, Kamu bakal menjumpai adanya pelelangan ikan di kawasan pantai ini.


9. Arung Jeram Citro Elo Jogja

arung jeram citro elo jogja
Arung Jeram Citro Elo Jogja, foto via jogjabiz.com
Arung Jeram Citra Elo merupakan salah satu arung jeram yang ada di Yogyakarta. Arung Jeram Citra Elo merupakan arung jeram yang paling tepat untuk keluarga alias pemula sebab arusnya yang tak berbahaya bila dibandingkan dengan sungai lain di kurang lebih Yogyakarta. Tidak hanya itu Arung Jeram Citra Elo juga bisa dimainkan kapan saja, tak semacam sungai lain di Yogyakarta yang banyak hanya bisa diarungi pada saat musim hujan saja.

10. Candi Plaosan Jogja

wisata candi plaosan di jogja
Candi Plaosan Jogja, foto via yogyatrip.com
Candi Plaosan terletak dekat dengan Candi Prambanan, mempunyai pesona unik di antara sejumlah tempat wisata candi di Jogja. Candi Plaosan ini dibuat oleh Rakai Panangkaran, salah seorang raja dari Dinasti Syailendra, yang juga mendirikan Candi Borobudur serta Candi Sewu. Candi ini disebut juga candi kembar, terbagi atas dua tahap, yakni Candi Plaosan Kidul serta Candi Plaosan Lor. Letak keduanya saling berdekatan, hanya berjarak kurang lebih 100 meter.

Dari corak bangunan candi, diketahui bahwa tempat wisata di Jogja yang satu ini merupakan gabungan antara dua kebudayaan Hindu serta Buddha. Menurut keyakinan masyarakat lokal, Candi Plaosan ini mempunyai kekuatan cinta kasih antara Rakai Pikatan serta Pramudya Wardhani. Oleh sebabnya, diyakini bakal mendatangkan berkat bagi pasangan pria serta wanita. Itulah sebab objek wisata candi ini lumayan terkenal bagi pasangan suami istri yang ingin dikaruniai kelahiran seorang anak. Lokasi di Kokosan, Prambanan, Jawa Tengah.

11. Keraton Jogja

wisata keraton di jogja
Keraton Jogja, foto via oediku.wordpress.com
Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi. Keraton Yogyakarta adalah suatu  bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan serta keluarganya. Tidak hanya bisa menikmati arsitektur kesultanan kuno, kamu juga bisa berkunjung ke museum yang memiliki koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian adalah hadiah dari raja Eropa. Jika kamu ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, datanglah agak pagi sebab Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi hingga dengan jam 2 siang saja.

12. Museum Sonobudoyo

wisata museum sonobudoyo di jogja
Museum Sonobudoyo, foto via indonesia-taurism.com
Inilah museum di Jogja yang menyuguhkan Kamu bakal sejarah, budaya, serta arsitektur bangunan Jawa yang mengagumkan. Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana VIII pada tahun 1935, Museum Sonobudoyo merupakan rumah koleksi adat serta sejarah Jawa yang paling lengkap di Indonesia seusai Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta. Museum Sonobudoyo terbuka bagi umum, mulai dari pukul 8 pagi sampai 2 sore. Pada hari senin, hari libur, serta hari besar bakal tutup untuk kunjungan publik.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata Jogja yang satu ini, Kamu wajib bayar tiket masuk Museum Sonobudoyo sebesar Rp 3 ribu per orang (dewasa) serta Rp 2.500 per orang (anak-anak). Untuk turis asing, harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Di museum ini, Kamu bisa menyaksikan pertunjukkan wayang kulit (dengan memakai bahasa Jawa diiringi dengan musik gamelan Jawa) mulai dari pukul 20.00 sampai 22.00 di malam hari. Untuk melihat, Kamu wajib bayar tiket pertunjukan wayang sebesar Rp 20 ribu per orang. Lokasi di Jln. Tipsora No. 6, Pendowoharjo, Jogja.

13. Kebun Binatang Gembira Loka Jogja

kebun binatang gembira loka di jogja
Kebun Binatang Gembira Loka, Jogja. Foto via sarangpenyamun.werdporess.com
Kebun Binatang Gembira Loka merupakan suatu  tempat wisata keluarga di Yogyakarta yang memiliki tak sedikit koleksi fauna dari beberapa tempat di dunia. Tidak hanya bisa menonton serta berinteraksi dengan beberapa tipe fauna semacam selayaknya kebun binatang pada umumnya, kamu juga bisa bermain di beberapa wahana permainan yang tersedia di Kebun Binatang Gembira Loka. Wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, serta lain-lain. Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka merupakan Rp 25 ribu per orang.

14. Resor Kaliurang

Resor Kaliurang Jogja, foto via tempatwisatadaerah
Inilah suguhan pemandangan hijau nan memikat dengan udara yang begitu sejuk di Jogja. Wisata Kaliurang merupakan salah satu tempat paling baik untuk melepaskan diri dari keramaian kota serta ragam aktivitas sehari-hari. Berada di dataran tinggi dengan ketinggian 900 m dpl, udara sejuk sungguh menyegarkan bagi tubuh.

Salah tempat wisata di Jogja ini memperkenalkan sejumlah kegiatan wisata luar biasa, di antaranya berenang, berlangsung-jalan, serta bersantai. Tempat paling baik untuk berenang merupakan air terjun Telogo Muncar serta kolam renangnya. Menyusuri setiap segi resor Kaliurang ini merupakan pengalaman wisata hebat yang bisa Kamu temukan. Bagi para penggemar gunung, resor ini merupakan juga tempat menginap bagi mereka yang ingin medaki ke Gunung Merapi. Lokasinya di Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Sleman, Jogja.

15. Candi Prambanan

candi perambanan di jogja
Candi Prambanan Jogja, foto via telusurindonesia.com
Inilah candi Hindu paling besar di kawasan Asia Tenggara, berketinggian 47 meter serta sudah dinyatakan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Inilah pula candi Hindu paling megah yang ada di Indonesia. Candi Prambanan ini terletak di perbatasan antara 2 provinsi, yakni Jogjakarta serta Jawa Tengah. Objek wisata Jogja ini mempunyai panorama nan memikat, sungguh eksotik di kala senja tatkala cahaya matahari menyinari bangunan candi dengan gradasinya yang mempesona. Dari dekat, Kamu bisa menyaksikan pemandangan arsitektur serta tampilan candi yang begitu indah.

Candi Prambanan adalah suatu  tempat wisata di Jogja dengan riwayat yang tua. Letak posisi candi Jogja yang satu ini dengan Candi Borobudur tidaklah berjauhan, faktor ini memberbagi pesan kuat bahwa sejak dahulu kala sudah terjadi keharmonisan antar pemeluk agama Buddha serta Hindu di tanah Jawa. Sejarah Candi Prambanan dimulai pada tahun 850 Masehi, pertama kali dibuat oleh Rakai Pikatan dari Dinasti Syailendra yang berkuasa pada ketika itu. Berdasarkan Prasasti Shivagrha yang berangka tahun 856 Masehi, candi di Jogja yang satu ini dibuat untuk menghormati Dewa Siwa. Tetap berdasarkan prasasti, Candi Prambanan pada awalnya dinamakan Shiva-grha, yang artinya Rumah Siwa, serta selanjutnya disebut pula sebagai Shiva-laya, yang berarti Kerajaan Siwa.

Di kawasan wisata candi Jogja ini, tersedia rumit besar bangunan candi yang menunjukkan bahwa Candi Prambanan adalah pusat kegiatan pemujaan serta agenda keagamaan. Penemuan reruntuhan Candi Boko yang terletak hanya 5 km arah selatan dari lokasi Candi Prambanan menegaskan bahwa kawasan kurang lebih candi adalah pusat pemerintahan kerajaan Mataram Hindu dari Dinasti Sanjaya. Butuh diketahui, Candi Boko adalah bekas rumit istana Kerajaan Mataram Hindu pada masa itu menurut bukti-bukti sejarah serta sebagai pusat pemerintahan.

16. Istana Taman Air Jogja

wisata istana taman air di jogja
Istana Taman Air Jogja, foto via info-kita.com
Istana Air Taman Sari merupakan suatu  tempat rekreasi serta meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Tidak hanya itu, Istana Air Taman Sari juga bermanfaat sebagai benteng pertahanan kepada musuh yang menyerang. Saat ini, Istana Air Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang populer sebab keunikannya. Udara di kurang lebih Istana Air Taman Sari juga sejuk sebab tersedia tak sedikit kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari Rp. 5 ribu.

Baca juga:

Itulah 16 daftar tempat wisa di Jogja, semoga informasi dan lokasi tempat wisata di Jogja bisa menambah wawasan anda tetang seputar tempat wisata di Jogja, Indonesia.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
cici
AUTHOR
January 9, 2021 at 12:48 PM delete

Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca artikel di atas. Bila ada kekurangan mohon komentar anda agar segera diupdate! ConversionConversion EmoticonEmoticon