33 Tempat wisata di Surabaya

Wisata Surabaya - Surabaya adalah ibukota dari Provinsi Jawa Timur serta adalah kota paling besar ke 2 di Indonesia. Tidak hanya adalah pusat bisnis serta pendidikan di Jawa Timur, kota yang dikenal sebagai kota pahlawan ini nyatanya juga mempunyai tak sedikit tempat wisata luar biasa. Apa saja tempat wisata di Surabaya yang harus dikunjungi? Simak ulasannya berikut ini. Selain menjadi ibukota provinsi Jawa Timur, Surabaya adalah kota metropolitan paling besar kedua seusai Jakarta. Bahasa yang dipakai dalam kenasiban sehari-hari sebagian besar memakai bahasa Jawa, dialek Suroboyoan.

Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan, faktor ini terjadi sebab pertempuran orang-orang dari Surabaya melawan pasukan Belanda dalam revolusi kemerdekaan Indonesia. Nama Surabaya, menurut etimologi , berasal dari kata Sura serta Baya alias ata Suro Boyo, dalam bahasa Jawa. Kota Surabaya berada di dataran rendah, dengan ketinggian antara 3-6 M di tingkat asata laut, ini juga yang membikin suhu udara di Surabaya relatif panas serta kering. Sebagai ibukota provinsi, Surabaya juga rumah bagi tak sedikit kantor serta pusat bisnis.

33 Tempat wisata di Surabaya, Indonesia

Berikut adalah 33 daftar tempat wisata di Surabaya lengkap dengan info lokasi:

1. Masjid Agung Al Akbar Surabaya

masjid agung nasional al akbar surabaya
Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Photo via kabarmaya.co.id
Masjid ini merupakan ikon religius kota Surabaya. Masjid Agung Al-Akbar Surabaya adalah masjid paling besar di Indonesia kedua seusai Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid Agung Al-Akbar Surabaya banyak dikunjung oleh wisatawan. Unik, beberapa corak ukiran serta kaligrafi, Pintu masuk masjid ini terdiri dari 45 pintu utama, serta pada interiornya dihiasi oleh ukiran hias serta kaligrafi.

2. Wisata Museum Loka Jala Crana Surabaya

Wisata Museum TNI AL Loka Jala Crana Surabaya
Museum TNI AL Loka Jala Crana Surabaya, photo via pariwisatasurabaya.com
Museum Loka Jala Crana dibuat pada 19 September 1969 dengan nama Museum Angkatan Laut, yang disahkan oleh Bunda R Mulyadi. Pada tanggal 10 Juli 1973 museum ini berubah nama menjadi Museum TNI-AL. Perubahan nama terjadi kembali menjadi Museum TNI Angkatan Laut Loka Jala Crana pada  tanggal 6 Oktober 1979. Museum ini menyimpan benda-benda bersejarah yang dimiliki serta digunakan oleh tentara Angkatan Laut sejak zaman revolusi fisik hingga sekarang, diantaranya kapal perang meriam, pesawat, helikopter, bidang artileri, replika KRI Dewaruci.

3. Wisata Jembatan Suramadu Surabaya

wisata surabaya jembatan suramadu
Jembatan Suramadu, photo via 1001malam.com
Jembatan Suramadu merupakan jembatan di atas perairan selat Madura. Sesuai dengan namanya, Jembatan Suramadu menghubungkan Surabaya serta Madura. Dengan panjang hampir mencapai 5,500 meter, Jembatan Suramadu merupakan jembatang yang terpanjang di Indonesia. Dibangung dengan tujuan awal mempercepat pembangunan Madura, kini ini Jembatan Suramadu sudah menjadi ikon sekaligus tempat wisata di Surabaya yang sangat populer.

4. Wisata di Makam Sunan Ampel Surabaya

wisata islami di makam sunan ampel surabaya
Makam Sunan Ampel Surabaya, photo via youtube.com
Makam Sunan Ampel Surabaya itu terletak di belakang Masjid Ampel, melalui segi jalan serta tiga gerbang. Masjid ini merupakan masjid yang paling populer serta suci bagi umat Muslim di Surabaya, seusai masjid Akbar di Surabaya . Di belakang rumit Masjid Ampel tersedia makam Sunan Ampel, yang meninggal pada 1481. Nuansa Islami sangat kuat  di rumit Masjid Ampel. Bagi Kamu yang ingin berziarah Makam Sunan Ampel berlokasi di Jl. Pertukangan I, Surabaya, Jawa Timur, tidak hanya berziarah Makan Sunan Ampel bisa dijadikan wisata religi.

5. Wisata di Ciputra Waterpark Surabaya

Ciputra waterpark Surabaya, foto via travelpromo.com
Ciputra Waterpark adalah suatu  wahana wisata air yang paling besar di Surabaya dengan luas kurang lebih 5 hektar. Berlokasi di Surabaya Barat, Ciputra Waterpark memiliki tema menyerupai dongeng Petualangan Sinbad jadi anak-anak tentu menyukainya. Kedalaman air di Ciputra Waterpark tak dalam sebab Ciputra Waterpark dibangun untuk bermain air, bukan berenang, kolam yang paling dalam hanya kurang lebih 1 meter saja jadi bila kamu tak dapat berenang tak butuh kuatir tenggelam. Harga tiket masuk Ciputra Waterpark adalah 70 ribu Rupiah untuk hari biasa, serta 90 ribu Rupiah pada akhir pekan. Untuk orang tua berumur di atas 60 tahun, harga tiketnya gratis, lumayan hanya dengan menunjukkan KTP saja.

6. Stasiun Semut sebagai Wisata Surabaya

Stasiun Semut Surabaya, foto via infosby.asia
Stasiun Semut terletak di Bongkaran, Pabean Cantikan, Surabaya. Menurut sejarah, Stasiun Surabaya Kota dibuat ketika jalur kereta api Surabaya-Malang serta Pasuruan mulai dirintis kurang lebih tahun 1870. Tujuannya untuk mengangkut hasil bumi serta perkebunan dari daerah pedalaman Jatim, terutama dari Malang, ke Pelabuhan Tanjung Perak yang juga mulai dibuat kurang lebih tahun itu. Gedung ini diresmikan pada tanggal 16 Mei 1878. Dengan meningkatnya pemakaian kereta api, pada tanggal 11 November 1911. Stasiun kereta api ini ditetapkan sebagai suatu adat oleh Wali Kota Surabaya dengan surat keputusan Nomor 188.45/251/402.1.04/1996, tanggal 26 September 1996. Stasiun itu ditetapkan sebagai bangunan yang wajib dipertahankan bersama 60 bangunan lainnya di kota Surabaya.

7. Wisata di Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya, foto via my-journey89.blogspot.com
Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang terkenal. Berlokasi di Jalan Setail, dulunya Kebun Binatang Surabaya merupakan kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya yang memiliki luas sektiar 37 hektar ini merupakan 15 ribu Rupiah.

8. Dam Jagir Surabaya

Dam Jagir Surabaya, foto via indonesiakaya.com
Dam Jagir beralamat di Jl. Jagir SidoResmo VI, Kota Surabaya, Jawa Timur, jadi dikenal dengan sebutan Dam Jagir. Dam jagir merupakan salah satu peninggalan serta warisan kuno Surabaya, Dam ini terletak di antara jalan yang sibuk Jagir serta Wonokromo. Dam jagir dimanfaatkan sebagai bendungan serta tetap dioprasikan hingga saat ini. Banyak pula masyarakat yang memancing di seputaran bendungan.

9. Wisata House of Sampoerna Surabaya

museum wisata house of sampoerna surabaya
House of Sampoerna Surabaya, foto via pegipegi.com
House of Sampoerna adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang harus dikunjungi sebab museum yang beralamat di Surabaya Lama ini adalah bangunan bersejarah sekaligus museum yang luar biasa. Dengan bangunan bergaya Belanda serta tiang depan unik berbentuk rokok, House of Sampoerna adalah tempat bersejarah yang dilestarikan negara. Museum House of Sampoerna memiliki koleksi alat pengolah tembakau, gambar keluaga, beberapa tipe pematik, replika kios, alat-alat musik, serta lain-lain. Tidak hanya itu kami juga bisa membeli souvenir serta menonton proses pembuatan rokok di lantai 2 House of Sampoerna.

10. Wisata Gedung Balai Kota Surabaya

gedung museum balai kota surabaya
Gedung Balai Kota Surabaya, foto via rasanrasan.wordpress.com
Gedung Balai Kota Surabaya berada di Jl. Taman Surya No. 1. Balai Kota Surabaya dibuat dalam masa kolonial Belanda pada April 1906, oleh arsitek C. Citroen serta pelaksana HV. Hollandsche Beton Mij. Ukuran gedung; panjang 102 m serta lebar 19 m. Halaman depan Balai Kota sangat luas yang dipercantik dengan air mancur lingkar yang memancar ke arah pusat. Balai Kota Surabaya pernah dipakai sebagai Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebelum kemudian dipakai sebagai pusat administrasi pemerintah Kota Surabaya.

11. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

lokasi hutan mangrove wonorejo surabaya
Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya, foto via wisatajatim.info
Wisata Hutan Mangrove Wonorejo merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang paling favorit untuk kategori wisata alam. Jauh dari keramaian kota, Hutan Mangrove Wonorejo merupakan tempat yang tepat untuk menikmati ketenangan dan pemandangan alam. Beralamat deket dengan Bandara Juanda Surabaya, Hutan Mangrove Wonorejo memperkenalkan keindahan alam yang alami. Di Hutan Mangrove Wonorejo kamu bisa menyusuri jembatan bambu di atas air serta menembus hijaunya Hutan Mangrove Wonorejo. Nah, kamu juga bisa menikmati Wisata Hutan Mangrove Wonorejo dengan memakai perahu.

12. Wisata Monumen Jenderal Sudirman Surabaya

Monumen Jenderal Sudirman Surabaya
Foto Monumen Jenderal Sudirman Surabaya
Monumen Jenderal Sudirman beralamat di Jl. Yos Sudarso, Surabaya. Monumen ini didedikasikan kepada semua masyarakat Jawa Timur yang di gagas oleh Letnan Jenderal Muhammad Yasin sebagai Komandan VII Brawijaya pada saat itu. Monumen ini dihadapkan pada Monumen Bambu Runcing sebagai simbol kota pahlawan di Surabaya.

13. Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya

monumen kapal selam surabaya
Foto Monumen Kapal Selam Surabaya
Monumen Kapal Selam adalah suatu  museum yang terletak di pusat kota Surabaya. Museum Monumen Kapal Selam adalah kapal selam yang sebetulnya. Dahulu kapal selam ini sempat ikut dan dalam pertempuran pembebasan Irian Barat dari Belanda.

14. Belanja di Pasar Tradisional Genteng Surabaya

Foto Pasar Tradisional Genteng Baru Surabaya
Pasar tradisional Genteng, adalah pasar tradisional yang terletak di dekat Tunjungan Center, di belakang Hotel Majapahit. Di pasar ini ada beberapa produk makanan tradisional khas Surabaya, Sidoarjo dan Gresik dan oleh-oleh terlengkap lainnya. Pengunjung yang datang ke Surabaya tak bakal melewatkan momen untuk pasar ini sebab beberapa produk khas Jawa Timur semacam, kerupuk udang, ikan asin, petis, terasi dan aneka kripik bisa dibeli di sini.

15. Wisata Tugu Pahlawan Surabaya

Foto pemandangan Tugu Pahlawan Surabaya
Foto Tugu Pahlawan Surabaya
Tugu Pahlawan adalah suatu  monumen yang paling populer di kota Surabaya. Monumen yang terletak di Jalan Pahlawan ini memiliki tinggi lebih dari 40 meter serta berbentuk sepeti paku terbalik. Tugu Pahlawan dibangun di atas lahan seluas lebih dari 1 hektar untuk merayakan serta menghormati seluruh prajurit Surabaya yang gugur dalam perang melawan para penjajah. Tidak hanya itu, di bawah tanah Tugu Pahlawan juga tersedia museum berisi gambar-gambar dokumentasi.

16. Agrowisata Pasar Anggrek Surabaya

Angrowisata Pasar Anggrek Surabaya
Angrowisata Pasar Anggrek Surabaya
Agrowisata Pasar Anggrek yang lokasi tidak jauh dari pintu tol Darmo, Surabaya-Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, area wisata ini adalah suatu  kawasan wisata bunga Anggrek yang sudah berdiri sejak Agustus 2005. Tersedia tidak sedikit jenik bunga Anggrek mulai dari Dendrobium sp, Cattleya sp., Oncidium sp, serta Cymbidium sp. (jenis anggrek berkarakter epifit), tipe anggrek monopodium (tumbuh yang ada di ujung batang), serta Vanda sp., Arachnis sp, Renanthera sp., Phalaenpilihans sp., serta Aranthera sp. (pertumbuhannya yang lurus ke atas melewati satu batang) Harganya berbeda-beda, kurang lebih Rp 25 ribu sampai dengan Rp 300 ribu. Apabila Kamu lelah, area wisata ini juga menyediakan tempat peristirahatan serta restoran yang ditunjang beragam tipe menu lezat menggugah selera. Tempat ini juga, mempunyai udara sejuk yang berpadu dengan pemandangan area perkebunannya.

17. Taman Bungkul Surabaya

wisata taman bungkul surabaya
Taman Bungkul Surabaya
Berada di Jalan Raya Darmo, Taman Bungkul merupakan tempat favorit untuk kumpul-kumpul warga Surabaya. Taman Bungkul di lengkapi dengan tempat bermain anak-anak, jogging track, amfiteater, area bermain skateboard, kolam air mancur, internet, serta suasana hijau. Tak sedikit agenda hiburan serta kebudayaan yang digelar di Taman Bungkul. Jika kamu ingin berwisata kuliner, di Taman Bungkul juga ada penjual makanan khas Surabaya.

18. Pasar Buah Peneleh Surabaya

lokasi wisata pasar peneleh surabaya
Pasar Peneleh Surabaya, foto via surabaya.panduanwisata.id
Pasar Buah Peneleh terletak di Jl. Pecindilan. Pasar Buah Peneleh merupakan pasar tradisional yang khusus menjual buah-buah segar, baik buah-buahan lokal maupun import. Pasar Buah Peneleh ini juga menjadi cikal akan pasar buah lain di wilayah Surabaya semacam Pasar Buah Widodaren,  Pasar Buah Pawiyatan, Pasar Buah Dupak. Pasar buah Peneleh tersohor dengan buah-buahnya yang segar, lengkap serta harganya sangat terjangakau sampai sekarang.

19. Rumah Batik Surabaya

wisata rumah batik jawa timur surabaya
Rumah Batik Surabaya, foto via rumahbatikjawatimur.com
Rumah Batik yang beralamat di Jalan Tambak Dukuh memiliki koleksi batik kurang lebih 2 ribu lembar dengan corak serta motif yang bervariasi serta berasal dari beberapa tempat di Indonesia. Rumah Batik ini sempat memperoleh rekor batik dengan logo Surabaya Terbesar.

20. Klenteng Hong San Tang Surabaya

Hong San Ko Tee Surabaya, foto via id.wikipedia.org
Kelenteng Sanggar Agung alias Klenteng Hong San Tang merupakan suatu  klenteng di Kota Surabaya. Berlokasi di Jalan Sukolilo Nomor 100, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Kelenteng ini dengan tinggi 20 meter yang terletak di tepi laut serta dibuka pada tahun 1999. Kelenteng Sangger Angung tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi pemeluk Tridharma, juga menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan.

21. Patung Joko Dolog Surabaya

tempat wisata patung dolog surabaya
Patung Dolog Surabaya, foto via pesonawisatasurabaya.wordpress.com
Patung Joko Dolog terletak di taman Apsari, Surabaya. Patung tersebut dibangun pada tahun 1211 saka alias tahun 1289 M. Patung tersebut dibangun untuk menghormati Kertanegara Putra Wisnu Wardhana sebagai raja Singosari. Menurut Bupati Surabaya, Patung Joko Dolog ditemukan di kandang gajah. Pada 1827 pada era pemerintah Hindia Belanda, yang berada di bawah Residen De Salls, memindahkan patung itu ke Surabaya serta dilokasikan di taman Apsari.

22. Pantai Kenjeran Surabaya

berwisata ke pantai kenjerang surabaya
Pantai Kenjeran Surabaya, foto via surabaya.panduanwisata.id
Pantai Kenjeran berlokasi di kecamatan Kenjeran, kota Surabaya, kurang lebih 9 km dari pusat kota. Nama kenjeran terbukti diambil dari nama wilayah setempat. Disini para pengunjung pantai bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam serta deburan ombak. Pada hari libur Pantai ini rutin ramai pengunjung. Tempat wisata pantai di Kenjeran Surabaya populer bagi keluarga yang ingin menikmati suasana pantai. Pantai Kenjeran tepat sekali untuk wisata keluarga, disini Kamu bisa memancing, berbelanja ikan serta menaiki perahu. Pantai Kenjeran juga menyediakan fasilitas bermain anak-anak, taman yang asri serta pemandangan bebatuan yang sangat memanjakan mata. Lalu Pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Surabaya, semacam Lontong balap, lontong kupang, dan sate kerang.

23. Monumen Jalesvava Jayamahe Surabaya

Wisata Monumen Jalesvena Jamahe Surabaya
Wisata Monumen Jalesvena Jamahe Surabaya, foto via pegipegi.com
Monumen Jalesveva Jayamahe alias Monjaya merupakan Monumen yang mengfotokan sosok Perwira TNI Angkatan Laut berbusana Pakaian Dinas Upacara (PDU) lengkap dengan pedang kehormatan yang sedang menerawang ke arah laut. Patung tersebut berdiri di atas bangunan serta tingginya mencapai 30,6 meter. Monumen Jalesveva Jayamahe sebagai simbol generasi penerus bangsa yang yakin serta optimis untuk mencapai impian bangsa Indonesia.

24. Pura Agung Jagad Surabaya

lokasi wisata Pura Agung Jagad Surabaya
Pura Agung Jagad Surabaya, foto via Youtube.com
Pura Agung Jagad Karana terletak di jalan antara Gresik-Surabaya, di Jalan Ikan Lumba-Lumba No. 1, bagian dari Kelurahan Perak Barat Kecamatan Krembangan, Surabaya. Pura Jagad Karana menjadi tempat ibadah umat Hindu di Surabaya. Pura ini menjadi obyek wisata religi yang dikunjungi di Surabaya.

25. Gedung Internationale Surabaya

wisata gedung international surabaya
Gedung Internationale Surabaya, foto via liputanindonesianews.com
Gedung Internatio alias Internationale Crediten Handelvereeniging, terletak jalan Jayengrono, Surabaya. Dekat Jembatan Merah Plaza serta Stasiun Jembatan Merah. Gedung Internation mempunyai dua lantai yang tetap terkesan kokoh dan bangunannya sangat indah.

26. Museum Kesehatan Surabaya

wista gedung kesehatan surabaya
Meseum Kesehatan Surabaya, foto via pesonawisatasurabaya.wordpress.com
Museum Kesehatan terletak di jalan Indrapura Nomor 17, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Museum ini mengumpulkan serta menampilkan berbagai peralatan kesehatan berkualitas historis hingga sekarang. Museum ini sudah dibekali dengan "perpustakaan khusus" yang mengumpulkan serta menyediakan semua bahan pustaka, seperi: buku, majalah, dan kaset rekaman.

27. Jembatan Merah Surabaya

pemandangan jembatan merah surabaya
Jembatan Merah Surabaya, foto via sonofmountmalang.wordpress.com
Jembatan Merah adalah saksi pertempuran heroik sejarah pada 10 November 1945 di Surabaya. Dulunya area dikurang lebih Jembatan Merah adalah perumahan serta perdagangan Eropa di tahap barat, sedangkan tahap timur adalah daerah perumahan untuk Cina, Arab, serta Melayu .

28. Museum Mpu Tantular Surabaya

Museum MPU Tantular Surabaya, foto via pegipegi.com
Museum Mpu Tantular beralamat di Jalan Raya Buduran - Jembatan Layang, Sidoarjo. Museum Mpu Tantular mempunyai 15 ribu koleksi, peninggalan masa prasejarah, peninggalan di masa kerajaan Hindu, Budha, Islam, dan masa kolonial.

29. Museum WR Supratman Surabaya

gedung wisata museum wr soepratman surabaya
Museum WR Soepratman, foto via era-wasata.blogspot.com
Anda bisa menemukan museum ini di Jalan Tambaksari mangga, Surabaya. WR. Soepratman merupakan penulis lagu kebangsaan Indonesia. Apabila Kamu ingin berjiarah lokasi kemakam WR. Soepratman, lokasi museum juga berdekatan dengan makam. Dibuat museum WR. Soepratman untuk mengenang jasa jasa WR Soepratman.

30. Pusat Sepatu Wedoro Surabaya

pusat belanja sepatu surabaya
Pusat sepatu Surabaya, foto via original.co.id
Wedoro populer dengan industri sepatu. Tersedia lebih dari 210 toko yang menjual sepatu di kawasan pusat sepatu Wedoro.

31. Citra Raya Surabaya

wisata di citra raya surabaya
Citra Raya Surabaya, foto via indotrus.com
Citra Raya merupakan suatu  bentuk tiruan sebagai "Singapura-nya Surabaya". Faktor ini difokuskan pada "kota yang bersih, hijau serta modern". Citra Raya mempunyai beberapa fasilitas, semacam 27 hole dalam lapangan golf serta klub keluarga, Surabaya International School, Sekolah Ciputra, Gymnasium, pusat komersial, pasar, rumah ibadah, Universitas Ciputra serta Waterpark.

32. Jalan Tunjungan Surabaya

wisata jalan tunjungan surabaya
Jalan Tunjungan Surabaya, foto via surabayastory.wordpress.com
Sejak awal abad ke-20 jalan Tunjungan ini sudah menjadi salah satu pusat perdagangan di Surabaya. Di sepanjang Jalan Tunjungan tersedia beberapa macam toko serta restoran, salah satu bangunan populer di Jalan Tunjungan merupakan Gedung Siola. Nama jalan ini menjadi dasar nama pusat perbelanjaan populer di Surabaya, yakni Plaza Tunjungan, serta Hotel Tunjungan mesikipun kedua tempat ini terletak di antara Jalan Basuki Rahmat serta Jalan Embong Malang.

33. Monumen Gubernur Soryo Surabaya

monumen gubernur surya surabaya
Monumen Gubernur Suryo Surabaya, foto via rudysalam18.blogspot.com
Monumen Gubernur Suryo berada di Jalan Taman Apsari Surabaya. Monumen Gubernur Suryo merupakan monumen penghormatan yang ditujukan Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo (biasa dikenal dengan nama Gubernur Soerjo). Tidak hanya sebagai simbol keagungan Gubernur Suryo, di kurang lebih monumen tersebut juga rutin di jadikan tempat berkumpul pemuda pemudi Surabaya saat malam minggu alias saat malam di hari-hari biasa.

Baca juga:

Itulah 33 tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu dan keluarga kunjungi. Apabila kamu mengetahui tempat wisata yang menarik lainnya di Surabaya, kamu bisa memberitahukan melalui kolom komentar di bawah. Sekian pembahasan seputar tempat-tempat wisata di Kota Surabaya, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
cici
AUTHOR
January 9, 2021 at 12:48 PM delete

Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny

Reply
avatar

Terima kasih telah membaca artikel di atas. Bila ada kekurangan mohon komentar anda agar segera diupdate! ConversionConversion EmoticonEmoticon